Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 08 Agustus 2011

BAHASA DELPHI

    1. Mengenal Bahasa Delphi

Bahasa pemrograman modern mendukung adanya object-oriented programming ( OOP ). Bahasa OOP memakai 3 konsep, yaitu :
  1. Encapsulation
  2. Inheritance
  3. Polymorphism ( late binding )
Untuk membuat aplikasi Delphi, anda tidak perlu mengetahui OOP secar detail karena Delphi sudah memberikan kerangkanya untuk anda, jika mengerti OOP akan meningkatkan pemahaman anda. Modul ini membahas Delphi untuk mengantarkan anda ke modul selanjutnya dalam membuat Komponen.
Bahasa OOP yang dipakai Delphi adalah perluasana dari bahasa Pascal yang dikembangkan oleh Borland dengan nama Turbo Pascal. Bahasa Pascal dikenal mudah dibaca. Delphi 7 menyebutnya dengan Bahasa Delphi.
    1. Class dan Object
Class dan object adalah dua istilah umum. Kedua istilah tersebut berbeda tettapi sering disalahartikan. Marilah kita melihatnya dengan lebih jelas.
Sebuah kelas adalah tipe data yang didefinisikan oleh user. Class mempunyai sebuah state ( keadaan ). Sebuah representasi dan beberapa operasi atau kelakuan. Sebuah kelas mempunyai beberapa data internal dan beberapa method dalam bentuk procedure dan function. Sebuah kelas biasanya menggambarkan karakteristik umum dari sebuah object yang serupa. Kelas dipakai oleh programmer untuk mengelola program dan dipakai oleh compiler untuk menghasilkan aplikasi.
Sebuah object adalah instance dari sebuah kelas. Jika kelas kita anggap sebagai tipe data, maka sebuah object adalah variable dengan tipe data tertentu. Object adalah entitas nyata pada saat program dijalankan, object memakai sejumlah memori untuk representasi internalnya.
Hubungan antar object dan class sama dengan hubungan antara variable dan tipe data. Pada bahasa pemrograman tertentu, perbedaan tersebut tidak jelas. Borland pascal versi terdahulu memakai kata kunci object untuk mendefisikan class. Oleh sebab itu pemrograman Pascal akan memakai kata object untuk menyatakan tipe class, dan istilah object instance dipakai untuk menyatakan object nyata.
Delphi memakai object baru, dengan memakai kata kunci class, tetapi model lama juga msih kompatibel. Kita akan menyelidiki dengan lebih detil.
Untuk mendeklarasikan sebuah tipe data class dalam object Pascal, kita memakai sintak berikut :
Type
ClassBaru = Class
End;
Deklarasi diatas tidak berguna karena class tidak mempunyai data atau operasi. Kita tambahkan beberapa data :
Type
Tanggal = class
Tgl, Bln, thn : integer;
End;
Deklarasi tersebut mirip dengan deklarasi record. Kita dapat mendeklarasikan sebuah object dan memakai ketiga field-nya dengan cara berikut :
Var
SebuahTanggal : Tanggal;
Begin
....
SebuahTanggal.Tgl:=10;
SebuahTanggal.Bln:=5;
SebuahTanggal.Thn:=2011;
End;
Kita dapat menambahkan beberapa method ( procedure atau function ) untuk menambahkan operasi – operasi pada class :
Type
Tanggal = Class
Tgl, Bln, Thn:integer;
Procedure IsiNilai(Tg, Bl, Th:integer);
Function TahunKabisat : Boolean;
End;
Function dan procedure harus mempunya pernyataan yang menunjukan bahwa function dan procedure tersebut merupakan bagian dari class Tanggal. Sintaknya adalah NamaClass.Method :
Procedure Tanggal.IsiNilai(Tgl, Bln, Thn:integer);
Begin
Tgl:=Tg;
Bln:=Bl;
Thn:=Th;
End;
Function Tanggal.TahunKabisat : Boolean;
Begin
If (Thn mod 4 <> 0) then
TahunKabisat:=false;
Else
If (Thn mod 100 <> 0) then
TahunKabisat:=True;
Else
If (Thn mod 400 <> 0) then
Tahunkabisat:=false;
Else TahunKabisat;=True;
End;
Setelah dituliskan method – method tersebut dapat dipanggil dengan cara berikut :
Var
SebuahTanggal : tanggal;
Kabisat :Boolean;
Begin
...
SebuahTanggal.IsiNilai(28,12,2011);
Kabisat:=SebuahTanggal.TahunKabisat;
End;
Notasi SebuahTanggal.TahunKabisat serupa dengan SebuahTanggal.Thn, tetapi arti dari keduanya berbeda. Notasi pertama menyatakan pemanggilan function dan notasi kedua menyatakan pengaksesan langsung pada data.





























0 komentar:

Posting Komentar